12.02.2008

Mengatasi Gangguan Tidur

Didgeridoo (atau didjeridu) adalah alat musik tiup penduduk asli Australia dari bagian utara Australia. Sebuah didgeridoo biasanya berbentuk silinder atau cenderung kerucut, serta berukuran panjang sekitar 1 sampai 2 meter, kebanyakan berukuran 1,2 meter. Jarang sekali berkuran yang lebih pendek atau lebih panjang dari ini .

Dengan berlatih rutin menggunakan didgeridoo, mampu mengurangi masalah gangguan tidur. Latihan menyanyi juga memiliki manfaat yang sama.


Para peneliti Swiss menemukan bahwa dengan latiha rutin meniup instrumen tersebut selama 25 menit setiap hari, dapat mengatasi serangan apnoea. Penderita apnoea tidak dapat menikmati tidur dengan nyaman. Penderitanya sering kali terjaga secara tiba-tiba dari tidurnya karena tidak dapat bernafas.hal tersebut terjadi akibat tertutupnya lubang tenggorokan oleh jaringan lunak dibagian pangkal tenggorokan.

Sekitar lima persen penduduk dunia terkena kelainan tersebut. Tim peneliti Swiss meneliti pengaruh latihan alat musik tiup asli aborigin bagi pasien penderita masalah ini.

Mereka meneliti 25 orang yang memiliki gangguan apnoea dan membaginya menjadi dua kelompok. Salah satunya diberikan latihan rutin selama empat bulan, sedangkan kelompok lainnya dimasukkan kedala daftar tunggu. Pasien yang memperoleh latihan dilaporkan merasa tidur lebih nyaman, sedngkan yang belum masih terganggu.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut