11.22.2009

Tips Menghemat Baterai Ponsel

Berikut ini merupakan hal-hal yang sederhana yang bermanfaat untuk menambah umur baterai ponsel anda, khususnya ponsel symbian.

Minimumkan Brightness Layar Ponsel Anda

Layar ponsel adalah salah satu komponen yang paling banyak menghabiskan konsumsi baterai. Anda bisa mengatur brightness layar ponsel ke nilai minimum untuk menghemat baterai. Semakin tinggi nilai brightness layar ponsel anda maka semakin besar pula konsumsi baterai yang dihabiskan.

Matikan Bluetooh Jika Tidak Diperlukan

Aktifkan bluetooth hanya jika anda akan melakukan transfer data atau menyambungkan headset bluetooh. Seperti halnya layar, bluetooh juga menarik sejumlah kekuatan baterai. Pastikan bluetooh dalam keadaan mati untuk menghemat baterai ponsel.

Matikan WiFi Scanning

Ponsel keluaran terbaru biasanya menyertakan WiFi. Seperti halnya bluetooh, WiFi juga menguras kekuatan baterai. WiFi scanning digunakan untuk memindai adanya hotspot WiFi. Non aktifkan WiFi scanning jika anda memang tidak memerlukan akses ke hotspot.

Atur Power Saver Timeout ke Nilai Minimal

Atur nilai power Saver Timeout ke nilai terendah untuk menghemat kekuatan baterai ponsel anda. Semakin rendah nilai power saver timeout, maka semakin cepat ponsel anda berpindah ke mode power saver ketika ponsel sedang tidak digunakan. Pada mode power saver, anda bisa mengetahui bahwa perangkat anda masih aktif melalui LED yang berkedip-kedip.

Atur Backlight Timeout ke Nilai Minimal


Jika anda mengatur light timeout ke nilai minimal, maka lampu latar ponsel anda akan dimatikan lebih cepat. Hal ini berarti power baterai yang dihabiskan bisa lebih dihemat.

Atur Profile ke mode Offline

Ketika roaming atau sinyal ponsel anda rendah, ponsel akan mencoba mengoptimalkan penerimaan sinyal. Hal ini juga memerlukan konsumsi baterai yang besar. Jika anda tidak berencana melakukan atau menerima panggilan, alihkan profile ko mode Offline. Pada mode ini anda masih bisa menggunakan semua fitur dasar ponsel anda kecuali panggilan dan fitur yang terkait dengan jaringan.

Jika anda benar-benar harus melakukan panggilan, alihkan profile ke mode silent dan non aktifkan mode getar. Dengan cara ini, ponsel tidak akan mengalokasikan kekuatan baterai untuk membunyikan ringtone dan mengaktifkan mode getar ketika terdapat panggilan.

Hindari Main Game, Memutar Musik dan Transfer Data

Bermain game akan membuat baterai ponsel mengalokasikan daya untuk menghidupkan backlight, suara dan tombol untuk kontrol game. Memutar musik juga akan menguras kekuatan baterai, walaupun daya yang dihabiskan tidak sebesar alokasi untuk bermain game. Hindari bermain game, memutar musik dan transfer data baik via bluetooth maupun WiFi jika anda ingin menghemat daya tahan baterai ponsel.

Matikan GPS

Ponsel Nokia N-Series dan E-Series terbaru saat ini menyertakan GPS. GPS berguna untuk keperluan navigasi dan seringkali digunakan untuk menandai photo. Fungsionalitas GPS memang sangat berguna, namun GPS juga menguras kekuatan baterai ketika diaktifkan. Ada baiknya mematikan GPS untuk menghemat kekuatan baterai ponsel dalam keadaan darurat.

Pada Nokia N82, pastikan juga anda menonaktifkan fitur “record location” pada kamera. Fitur ini digunakan untuk mencari sinyal GPS kemudian menandai photo dengan sebuah koordinat.

Pastikan Tidak Terdapat Aplikasi Yang Berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan di background akan menguras kekuatan baterai. Tekan tombol menu selama beberapa detik untuk menampilkan task manager. Pastikan tidak terdapat aplikasi yang berjalan di background.

Aktifkan Keypad Lock

Menekan tombol ponsel secara tidak sengaja akan turut mengaktifkan lampu latar (backlight), atau mungkin tidak sengaja melakukan panggilan keluar serta membuka sebuah aplikasi. Aktifkan keypad lock untuk menghindari hal tersebut terjadi. Cara ini adalah cara yang simple dan efektif untuk menghindarkan aktifitas yang memerlukan konsumsi baterai.

Semoga Bermanfaat !

2 komentar:

Bisnis Pulsa gsp mengatakan...

wah boleh tipsnya bro, trims yaw..Bisnis Pulsa GSP

Unknown mengatakan...

thanks tipsx brow

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut