11.15.2009

Trik Memotret dengan Kamera Handphone

Teknologi handphone saat ini sudah berkembang sangat pesat, dari sekedar untuk berkomunikasi tetapi juga banyak dilengkapi fasilitas lain yang membuat orang betah berlama-lama memegang Handphone.

Salah satu fasilitas tersebut adalah kamera. Dengan kamera yang terintegrasi di Handphone, kapan dan dimanapun ingin merekam gambar semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi bila dilengkapi dengan memori eksternal, gambar yang disimpan pun bisa lebih banyak dan bervariasi.

Meskipun demikian, sesuai dengan fungsinya yang hanya "sekedar" sebagai tambahan maka banyak keterbatasan di kamera Handphone. Sehingga untuk menghasilkan hasil potret yang optimal tentu saja diperlukan kiat-kiat khusus memotret seperti:

1. Lebih dekat ke obyek. Handphone kamera yang beredar kebanyakan tidak dibekali dengan lensa zoom yang maksimal, jadi pastikan untuk mendekati obyek yang akan dibidik.

2. Hati-hati dengan cahaya. Cobalah untuk mengambil gambar dalam kondisi penerangan yang cukup, kecuali HP kamera memiliki flash yang terintegrasi.

3. Perhatikan latar belakang. Tempatkan obyek dengan latar belakang yang tidak terlalu sibuk.

4. Sudut yang berbeda. Cobalah mengambil foto dengan sudut yang berbeda-beda. Foto akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.

5. Pilih resolusi yang tinggi. Makin tinggi resolusi yang dipakai, makin baik gambar yang dihasilkan.

6. Bersihkan lensa. Pastikan untuk membersihkan lensa kamera sebelum mengambil foto.

7. Jaga keseimbangan. Usahakan tangan jangan sampai bergoyang saat tombol shutter ditekan. Ini untuk menjaga agar hasil foto tidak blur.

8. Eksperimen dengan white balance. Jika HP dilengkapi dengan fitur white balance, cobalah untuk mengutak atik fitur ini. Anda bisa memodifikasi warna dan menghasilkan foto yang berbeda.

9. Hindari penggunaan digital zoom. Dekatkan diri ke obyek dengan lebih mendekatkan HP, bukan dengan menggunakan digital zoom. Penggunaan digital zoom bisa membuat kualitas gambar berkurang.
10. Perhatikan ukuran cetakan. Foto yang dibidik dari ponsel bisa dicetak dengan kualitas maksimal jika Anda menyesuaikan ukuran cetakan dengan resolusi gambar.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Pengikut